Maret 29, 2024

TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dan TJKT (Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi) keduanya merupakan jurusan yang berfokus pada teknologi informasi dan komunikasi. Perbedaannya terletak pada fokusnya pada bidang yang berbeda. TKJ lebih berfokus pada pengembangan perangkat lunak, perakitan komputer, jaringan komputer, dan keamanan jaringan. Sedangkan TJKT lebih berfokus pada jaringan komputer, telekomunikasi, sistem telepon, dan sistem keamanan jaringan.

Secara singkat, perbedaan antara TKJ dan TJKT adalah pada fokus bidang studinya, dimana TKJ lebih berfokus pada perangkat lunak, perakitan komputer, jaringan komputer, dan keamanan jaringan, sedangkan TJKT lebih berfokus pada jaringan komputer, telekomunikasi, sistem telepon, dan sistem keamanan jaringan.

TKJ (Teknik Komputer & Jaringan) dan TJKT (Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi) adalah kedua jurusan yang berada di dua struktur kurikulum yang berbeda yaitu : TKJ adalah struktur kurikulum K13 yang sebelumnya dikembangkan dari KTSP Sedangkan TJKT adalah pengembangan dari Jurusan TKJ dan Teknik Telekomunikasi yang di merger menjadi TJKT pada kurikulum SMK Pusat Keunggulan, kurikulum dan jurusan ini dikembangkan dipertengahan tahun 2021.

Struktur Kurikulum ini dikembangkan menggunakan istilah/sebutan KOS (Kurikulum Operasional Sekolah) yang dikembangkan khusus untuk Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan, jadi seluruh sekolah yang sudah menjadi / mengikuti program Sekolah Penggerak / SMK PK sudah mengadopsi kurikulum ini, dan otomatis untuk jurusan TKJ yang ada di sekolah tersebut sudah bertransformasi nama menjadi TJKT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *