Mei 4, 2024

DHCP adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk mengatur, mengisi, memberikan serta mendistribusikan alamat IP ke setiap komputer client yang berada dalam jaringan secara otomatis Jadi, secara garis besar fungsi DHCP server secara umum adalah untuk memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan permintaan atau request.

DHCP adalah protokol yang berbasis arsitektur client atau server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan Selain membagikan IP dari suatu IP Pool secara acak ke komputer-komputer yang ada dalam jaringan, DHCP Server yang ada di router juga dapat diatur untuk memberikan suatu IP tertentu ke komputer-komputer tertentu.

Hal tersebut mungkin saja dibutuhkan, misalnya untuk mengatur hak akses Internet berdasarkan IP Address atau jika terdapat layanan server yang membutuhkan ip address yang static DHCP Reservation adalah sebuah teknik yang digunakan untuk memberikan IP Tertentu kepada Client tertentu berdasarkan MAC Addressnya. Misalnya anda sebagai administrator ingin memberikan IP 192.168.10.37/24 kepada client PC-A. Maka supaya IP Tersebut tidak jatuh ketangan PC lain, anda harus melakukan teknik DHCP Reservation dengan menembak MAC Address PC-A dengan IP tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *