Mei 4, 2024

Distribusi sistem operasi debian saat ini sudah mengeluarkan versi terbarunya dengan codename Bookworm, atau biasa kita kenal Debian 12. Untuk melakukan manajemen paket aplikasi pada debian membutuhkan koneksi internet, karena repository yang digunakan secara default adalah repository online.

Debian Jigdo (Just-in-Time Delivery) adalah sebuah utilitas yang digunakan untuk mengunduh dan membangun ulang distribusi Debian secara efisien. Ini merupakan suatu metode alternatif untuk mengunduh dan memperbarui instalasi Debian, terutama bermanfaat bagi mereka yang memiliki koneksi internet yang lambat atau tidak stabil. Jigdo bekerja dengan membandingkan file berkas ISO yang ada dengan file berkas “template” yang diberikan oleh server Debian.

Template ini berisi informasi tentang paket-paket Debian yang ada dalam distribusi dan bagaimana mereka terorganisir dalam berkas-berkas ISO. Keuntungan menggunakan Debian Jigdo adalah efisiensi dalam penggunaan bandwidth, waktu, dan penyimpanan. Dalam beberapa kasus, Jigdo bahkan memungkinkan pembaruan sistem yang ada dengan hanya mengunduh paket-paket yang berbeda dengan versi sebelumnya, daripada mengunduh seluruh berkas ISO yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *