April 23, 2024

Setelah postingan sebelumnya kita membahas tentang Docker Container & Panduan Installasi Docker Container, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perintah dasar Docker Container. Semoga Bermanfaat.

$ docker pull <nama images:version>

docker pull Merupakan perintah yang berfungsi untuk mendownload images dari Docker Registry ke server docker container kita.

$ docker images

docker images merupakan perintah yang berfungsi untuk menampilkan daftar images yang ada pada docker container kita, kita bisa melihat images nginx yang sudah kita download sebelumnya.

$ docker run <nama images>

docker run merupakan perintah yang berfungsi untuk menjalankan images menjadi container, docker container berjalan secara realtime pada layar terminal, kita bisa menggunakan beberapa flag untuk docker run -d untuk menjalankan docker container di background

Untuk melihat docker container yang sedang berjalan kita bisa menggunakan perintah docker ps

kita bisa melihat pada gambar diatas, terdapat 1 container yang berjalan dengan CONTAINER ID, IMAGE, STATUS, PORT dan NAMES yang digunakan.

Perintah docker selanjutnya adalah docker start & docker stop, perintah ini berfungsi untuk menjalankan, menghentikan atau merestart proses container docker. berikut adalah contoh implementasi perintahnya

Sekian, Semoga tutorial kali ini bermanfaat.
Mohon maaf atas segala kekurangan. Dukung terus agar saya dapat terus berbagi informasi yang bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *