Walid Umar Aplikasi,Pengalaman,Ubuntu Cek Potensi Ancaman Web Server & SSL Server

Cek Potensi Ancaman Web Server & SSL Server



Keamanan web dan downtime adalah masalah penting untuk bisnis apapun yang beroperasi secara online. Server web sering menjadi target serangan hacking oleh penjahat dunia maya karena data sensitif yang dimiliki. Penyerang dapat memanfaatkan akun pengguna yang sering melakukan kesalahan untuk melewati server Anda.

Terkadang kesalahan administrator umum seperti direktori virtual yang dikonfigurasi dengan buruk dapat menyebabkan akses yang tidak sah. Beberapa ancaman utama terhadap server web biasanya berasal dari penolakan layanan, akses yang tidak sah, pembuatan profil, eksekusi kode acak, penyalahgunaan hak istimewa dari virus, trojan, dan sebagainya.Anda mungkin melakukan sebagian besar tugas administrator untuk merawat server namun secara tidak sadar Anda melewatkan beberapa cara terbaik.

Tantangan nyata untuk mengamankan server web adalah menerapkan konfigurasi yang benar sekaligus menjaga keamanan Anda. Berikut adalah beberapa panduan awal untuk mendapatkan konfigurasi server yang lebih aman dan memastikan kenyamanan dalam operasi server sehari-hari.

Periksa layanan jaringan yang berjalan di server Anda dan lihatlah pembaruan dari sistem deteksi intrusi untuk mengetahui apakah semuanya berjalan baik secara internal, seperti konfigurasi server yang diterapkan, layanan aktif, protokol keamanan, aplikasi yang berjalan di server Anda dan sebagainya. Mengaudit dan memantau log akses situs web, log sistem operasi, dan log database server untuk entri log abnormal atau aktivitas aneh untuk mendeteksi serangan yang berhasil atau bahkan upaya untuk mendapatkannya. Log idealnya harus hadir di area terisolasi dari server web untuk mencegah gangguan.

Menjalankan konfigurasi sistem operasi default tidaklah aman, terutama karena banyak modul yang telah ditentukan sebelumnya atau layanan jaringan terinstal, seperti layanan registri jarak jauh, layanan informasi internet, layanan print server, dan banyak lagi. Semakin banyak layanan yang tidak perlu yang Anda jalankan di sistem operasi, semakin besar risiko meninggalkan lebih banyak port yang terbuka terhadap penyalahgunaan dari koneksi luar.

Kelola skrip startup untuk mematikan atau menonaktifkan semua layanan yang tidak perlu agar tidak berjalan secara otomatis saat booting. Ini membantu membuat permukaan serangan Anda lebih kecil dan juga meningkatkan kinerja server dengan membebaskan sumber daya perangkat keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *