April 27, 2024

pada postingan kali ini kita akan membahas solusi dari permasalahan pada linux server yang menggunakan resource memory yang terlalu besar untuk buffering dan caching. Semoga solusi dan tips kali ini bermanfaat.

salah satu perintah / command yang dapat digunakan untuk mengecek penggunaan memori pada linux adalah free, berikut adalah contoh dari output dari perintah/command free

Total memory yang digunakan didalam system linux adalah 7.7G sedangkan yang digunakan oleh sistem hanya 1.3G, memory yang free (bebas) adalah 141M, pada gambar dibawah terdapat parameter buffer/cache yang menggunakan hampir 85% memori dari total kesuluran RAM.

untuk itu solusi yang dapat digunakan untuk memory dari buffer/cache sehingga dapat tersedia dan digunakan oleh sistem adalah sebagai berikut, terdapat tiga parameter perintah yatu
  1. To free pagecache:
    # echo 1 > /proc/sys/vm/drop_caches
  2. To free dentries and inodes:
    # echo 2 > /proc/sys/vm/drop_caches
  3. To free pagecache, dentries and inodes:
    # echo 3 > /proc/sys/vm/drop_caches

dengan mengetikkan salah satu dari ketiga perintah diatas, kita bisa memberikan instruksi ke kernel untuk membebaskan alokasi buffer/cache yang dilakukan oleh sistem linux, sehingga bisa digunakan kembali.

proses penggunaan memory menjadi buffer/cache sewaktu-waktu dapat dilakukan kembali oleh sistem linux,… nah untuk itu teman-teman bisa menambahkan command tersebut pada crontab untuk dijalankan selama 12 jam 1x atau sesuai keinginan dan kebutuhan.

# crontab -e
*/12 * * * * echo 3 > /proc/sys/vm/drop_caches

Sekian, semoga pengalaman dari permasalahan diatas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *