April 27, 2024

Netdata cloud adalah salah satu tools yang dapat membantu sysadmin, devops, dan IT professional, untuk dapat melakukan monitoring secara statistik berupa CPU, Memory, Storage, Network, dll terhadap seluruh infrastruktur server dan diolah menjadi grafik dan metrik.

Monitoring dapat dilakukan secara realtime meskipun infrastruktur server kita tidak memiliki ip public. Netdata merupakan solusi yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi seputar server yang kita kelola melalui halaman dashboard yang informatif.

Tampilan Dashboard Netdata

Untuk dapat menggunakan netdata, kita bisa mengakses laman berikut : https://app.netdata.cloud/

Selanjutnya lakukan sign-up menggunakan google atau akun lainnya pada laman netdata diatas, setelah melakukan sign-in, akan menampilkan laman berikut :

Laman Dashboard awal

untuk mendaftarkan server, teman-teman bisa memilih opsi yang disediakan (Linux, Docker, Macos, atau Kubernetes), dalam studi kasus kali ini kita akan mencoba untuk menambahkan server berbasis Linux Ubuntu. maka kita cukup melakukan remote ke server yang ingin di monitor, dan melakukan copy script / command :

wget -O /tmp/netdata-kickstart.sh https://my-netdata.io/kickstart.sh && sh /tmp/netdata-kickstart.sh --claim-token hln0sjJ93DaB1sbTp1euKXArPuS6yAzQNhJY0ORW4Jpe8MTV9QxMeTwUhvBI2esmGWBan57INnB0UFW2_PH2mvJJ8mrkUZBcKIrsqDKlxsVbmrkuPuCaCJkD7u3_iT69_Tk9j0k --claim-url https://app.netdata.cloud

maka proses installasi node agent netdata akan berjalan…

setelah proses installasi selesai, kita bisa mengecek dashboard netdata….

terdapat 1 server node yang berhasil di syncronize dan dapat dimonitoring
node server, sudah ditambahkan dan bisa diakses melalui menu nodes
tampilan dashboard node, yang menampilkan informasi resource dari server.
detail informasi yang bisa diakses dan didapatkan melalui dashboard netdata

Berbagai informasi dari server yang bisa diakses dengan mudah melalui netdata dashboard

Sekian, mohon maaf atas segala kekurangan, & semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *