Repository merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk sebuah distribusi Linux seperti Debian, Centos, Redhat, Ubuntu, dsb. Repository berisi kumpulan paket aplikasi dan dependensi yang dibutuhkan oleh sistem untuk menjalankan berbagai service/layanan dan aplikasi baik pada arsitektur desktop atau server.

Repository memiliki berbagai jenis dan bentuk dalam proses implementasinya, diantaranya adalah : Repository Online, dan Repository DVD. pada kesempatan kali ini saya akan share tentang Repository DVD DLBD Debian 10. Repository yang dipaketkan menggunakan konsep DLBD bisa berukuran cukup besar mulai dari 40 – 75 GB, dimana didalamnya dipaketkan seluruh aplikasi yang dibutuhkan dan dapat diakses menggunakan tools pemaketan seperti apt-cdrom, untuk Debian.

Untuk itu saya akan share tentang panduan pembuatan Repository DLBD untuk Distribusi Linux Debian.

proses pemaketan biasanya akan berjalan cukup lama bergantung pada kecepatan interkoneksi ke serverr repository.

Setelah proses pembuatan Repository DLBD Debian berhasil dilakukan, anda bisa menggunakan layanan Repository DLBD Debian dengan mengikuti petunjuk pada Video berikut :

Bagi teman-teman yang memiliki keterbatasan dalam koneksi akses ke jaringan internet untuk membuat Repository DLBD Debian, anda juga bisa mendownload menggunakan link berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.