Mei 27, 2024

Bagi pemilik situs web dan pengelola server, memiliki kontrol penuh terhadap lingkungan hosting merupakan kebutuhan mutlak. cPanel, sebagai salah satu solusi hosting paling populer, telah menyediakan antarmuka pengguna yang kaya fitur namun berbayar. Tetapi, jika Anda mencari alternatif open-source yang kuat dan efisien, CyberPanel dapat menjadi pilihan yang menarik. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk menginstal CyberPanel pada server CentOS 7 dan memulai pengelolaan situs web secara mudah dan gratis.

Langkah 1: Persiapan Pra-Instalasi

  1. Pastikan Anda telah memiliki akses root ke server CentOS 7 Anda dan dapat terhubung melalui terminal atau SSH.
  2. Pastikan server Anda memiliki CentOS 7 yang sudah terinstal, dengan semua pembaruan sistem terbaru.
  3. Periksa bahwa server Anda memenuhi persyaratan sistem minimum untuk menjalankan CyberPanel.

Langkah 2: Instalasi CyberPanel

  1. Buka terminal atau koneksi SSH ke server CentOS 7 Anda.
  2. Jalankan perintah berikut untuk mengunduh dan menjalankan skrip instalasi CyberPanel:
sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)
  1. Proses instalasi akan dimulai. Ikuti instruksi pada layar untuk mengkonfigurasi instalasi. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi seperti lisensi LiteSpeed, alamat email, dan password untuk akun admin CyberPanel.
  2. Setelah proses instalasi selesai, Anda akan menerima informasi login ke panel CyberPanel. Simpan informasi ini dengan aman.

Langkah 3: Akses CyberPanel

  1. Buka web browser dan akses URL CyberPanel melalui alamat IP server Anda atau nama domain, diikuti oleh port 8090 (misalnya: http://ip-server-anda:8090).
  2. Masukkan informasi login yang telah Anda buat selama instalasi.
  3. Selamat! Anda sekarang berhasil masuk ke panel CyberPanel dan siap untuk mengelola server dan situs web Anda.

Langkah 4: Pengaturan Awal di CyberPanel

  1. Setelah masuk, langkah pertama yang disarankan adalah melakukan pengaturan awal CyberPanel. Anda dapat mengonfigurasi DNS, server mail, dan banyak lagi melalui menu “Pengaturan”.
  2. Anda juga dapat menambahkan server nameserver Anda sendiri untuk meningkatkan reputasi server Anda. Gunakan opsi “NameServers” pada panel untuk melakukannya.

Langkah 5: Tambahkan Situs Web

  1. Untuk menambahkan situs web, klik pada menu “Website” di panel, lalu pilih “Tambahkan Website”.
  2. Isi detail situs web, termasuk nama domain, direktori root, dan pilihan lainnya. Klik “Buat” untuk menambahkan situs web.
  3. Selamat! Situs web baru Anda telah berhasil ditambahkan.

Dengan mengikuti panduan instalasi di atas, Anda sekarang telah berhasil menginstal dan mengkonfigurasi CyberPanel pada server CentOS 7 Anda. CyberPanel menyediakan antarmuka pengguna yang sederhana dan efisien untuk mengelola situs web dan server Anda. Dengan fitur-fitur open-source yang kuat dan pilihan gratis untuk penggunaan LiteSpeed, CyberPanel dapat menjadi solusi hosting yang hebat dan terjangkau. Semoga panduan ini membantu Anda dalam memulai pengelolaan situs web dengan mudah dan efisien menggunakan CyberPanel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *