Implementasi Konfigurasi Proxy Server External di Mikrotik RouterOS



Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Pada umumnya proxy server digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Jadi, dari proxy server tersebut maka biasanya server diletakkan di antara aplikasi server dengan aplikasi client, dimana aplikasi client berupa web browser, client FTP dan lainnya sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan web server.

Fungsi Proxy Server

Ada tiga fungsi utama proxy server yaitu:

  • Connection sharing
    Yaitu berfungsi sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Pada Gateway juga bertindak sebagai titik dalam sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Sehingga koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connecion sharing).
  • Filtering
    Berfungsi sebagai sebagai Firewalll (dinding api) paket filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Sehinggadapat dikonfigurasi untuk menolak situs web tertentu pada waktu-waktu tertentu.
  • Caching
    Pada Proxy Server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah diminta dari server-server di internet. Untuk mekanisme caching akan menyimpan obyek-obyek yang merupakan permintaan dari para pengguna yang diperoleh dari internet.

Fungsi Proxy Server

  1. Fungsi Connection Sharing
  2. Fungsi Filtering
  3. Fungsi Caching

Manfaat Proxy Server

  1. Menghemat Bandwidth
  2. Meninkatkan Kinerja Internet
  3. Memblokir Situs Tertentu
  4. Keamanan Jaringan Komputer
  5. Akses Internet Lebih Cepat

Kegunaan Web Proxy

  1. Menyembunyikan alamat IP komputer
  2. Mengakses situs yang diblokir oleh ISP
  3. Memblokir akses ke situs sensitif atau berbahaya
  4. Menyaring cookies yang tidak diinginkan
  5. Meningkatkan keamanan dan privacy pengguna internet

Leave a Reply

Your email address will not be published.